"Don't be afraid of change... you may lose something good, but you may gain something even better (ง •̀_•́)ง "

Sabtu, 07 Februari 2015

Kumpulan Teori Efektivitas

Efektivitas merupakan salah satu pencapaian yang ingin diraih oleh sebuah organisasi. Untuk memperoleh teori efektivitas peneliti dapat menggunakan konsep-konsep dalam teori manajemen dan organisasi khususnya yang berkaitan dengan teori efektivitas.

Efektivitas tidak dapat disamakan dengan efisiensi. Karena keduanya memiliki arti yang berbeda, walaupun dalam berbagai penggunaan kata efisiensi lekat dengan kata efektivitas. Efisiensi mengandung pengertian perbandingan antara biaya dan hasil, sedangkan efektivitas secara langsung dihubungkan dengan pencapaian tujuan.


Definisi Atau Pengertian ”Efektivitas” Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Efektivitas (berjenis kata benda) berasal dari kata dasar efektif (kata sifat). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga tahun 2003, halaman 284 yang disusun oleh Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional, Efektif adalah: 
. ada efeknya’ (akibatnya, pengaruhnya, kesannya); 
. manjur atau mujarab’ (tt obat); 
. dapat membawa hasil; berhasil guna’ (tt usaha, tindakan); ‘mangkus’; 
. mulai berlaku’ (tt undang-undang, peraturan). 
Sementara itu, efektivitas memiliki pengertian ‘keefektifan’. Keefektifan adalah 
. keadaan berpengaruh’; ‘hal berkesan’; 
. kemanjuran’; ‘kemujaraban’ (tt obat); 
. keberhasilan’ (tt usaha, tindakan); ‘kemangkusan’; 
. hal mulai berlakunya’ (tentang undang-undang, peraturan.

Beberapa Definisi Atau Pengertian ”Efektivitas” Menurut Ahli
1.  Handoko (2001:44) mengemukakan efektivitas merupakan kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2. Hodge (1984:299) Efektivitas sebagai ukuran suksesnya organisasi didefinisikan sebagai kemampuan organisasi untuk mencapai segala keperluannya. Ini berarti bahwa organisasi mampu menyusun dan mengorganisasikan sumber daya untuk mencapai tujuan.  

3. Sondang P. Siagian (2001 : 24) Efektivitas adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah barang atas jasa kegiatan yang dijalankannya. 

4. Martoyo (2002:4), mendefinisikan efektivitas sebagai suatu kondisi atau keadaan dimana dalam memilih tujuan yang hendak dicapai dan sarana atau peralatan yang digunakan, disertai dengan kemampuan yang dimiliki adalah tepat, sehingga tujuan yang diinginkan dapat dicapai dengan hasil yang memuaskan. 

5. Hidayat (1986) Efektifitas adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target (kuantitas,kualitas dan waktu) telah tercapai. Dimana makin besar presentase target yang dicapai, makin tinggi efektifitasnya”.  

6. Schemerhon John R. Jr. (1986:35) Efektifitas adalah pencapaian target output yang diukur dengan cara membandingkan output anggaran atau seharusnya (OA) dengan output realisasi atau sesungguhnya (OS), jika (OA) > (OS) disebut efektif ”. 

7. Prasetyo Budi Saksono (1984) Efektifitas adalah seberapa besar tingkat kelekatan output yang dicapai dengan output yang diharapkan dari sejumlah input “.

8. Richard M. Steers, (1985 : 46) Efektivitas adalah “sejauh mana organisasi melaksanakan seluruh tugas pokoknya atau mencapai semua sasaran”. 

9. Pandji Anoraga (2000 : 178) Mengatakan bahwa "Efektivitas berhunungan dengan pencapaian tujuan yang lebih dikaitkan dengan hasil kerja". 

10. William N Dunn (2003 : 498) mengatakan bahwa efektifitas merupakan suatu kriteria untuk menseleksi berbagai alternatifuntuk dijadikan rekomendasi didasar pertimbangan apakah alternatif yang direkomendasikantersebut memberikan hasil (akibat) yang maksimal, atau nilai-nilai rakyat. 

11. Soedargo (1962:128) menyatakan bahwa Efektivitas organisasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu pelaksanaan organisasi, kemampuan organisasi, pemasukan hasil dan tindakan koreksi.

12. Gie (2002:16) Efektivitas diartikan sebagai suatu keadaan yang mengandung pengertian mengenai terjadinya efek atau akibat yang dikehendaki. 

13. Putra (1998:29) efektivitas adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa baik atau seberapa jauh sasaran (kuantitas, kualitas, waktu) telah tercapai. 

14. Handayaningrat (2002:16) efektivitas ialah pengukuran dalam arti tercapainya sasaran yaitu tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. 

15. Osborne dan Gaebler (1995:389), mengemukakan pengertian efektivitas adalah ukuran kualitas output: bagaimana mencapai outcome yang diharapkan.  

16. Amitai Etzioni (1985:67) mengemukakan bahwa Efektivitas organisasi dilihat dari sejauh mana organisasi tersebut berhasil mencapai tujuannya sedangkan efisiensi organisasi dikaji dari segi sumber daya yang digunakan untuk menghasilkan suatu unit keluaran (unit of output)
  
Tambahan dari Para ahli Lain:


Sondang P. Siagian (2001 : 24) memberikan definisi sebagai berikut : “Efektivitas adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah barang atas jasa kegiatan yang dijalankannya. Efektivitas menunjukan keberhasilan dari segi tercapai tidaknya sasaran yang telah ditetapkan. Jika hasil kegiatan semakin mendekati sasaran, berarti makin tinggi efektivitasnya.

Sementara itu Abdurahmat (2003:92) “Efektivitas adalah pemanpaatan sumber daya, sarana dan prasaranadalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah pekerjaan tepat pada waktunya.

Dari beberapa pendapat para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa suatu pekerjaan dapat dilaksanakan secara tepat, efektif, efisien apabila pekerjaan tersebut dilaksanakan dengan tepat sesuai dengan yang telah direncanakan.

Atmosoeprapto (2002:139) menyatakan Efektivitas adalah melakukan hal yang benar, sedangkan efisiensi adalah melakukan hal secara benar, atau efektivitas adalah sejauh mana kita mencapai sasaran dan efisiensi adalah bagaimana kita mencampur segala sumber daya secara cermat.

Efektivitas memiliki tiga tingkatan sebagaimana yang didasarkan oleh David J. Lawless dalam
Gibson, Ivancevich dan Donnely (1997:25-26) antara lain :

1.Efektivitas Individu
Efektivitas Individu didasarkan pada pandangan dari segi individu yang menekankan pada hasil karya karyawan atau anggota dari organisasi;

2.Efektivitas kelompok
Adanya pandangan bahwa pada kenyataannya individu saling bekerja sama dalam kelompok. Jadi efektivitas kelompok merupakan Jumlah kontribusi dari semua anggota kelompoknya;

3.Efektivitas Organisasi
Efektivitas organisasi terdiri dari efektivitas individu dan kelompok. Melalui pengaruh sinergitas, organisasi mampu mendapatkan hasil karya yang lebih tinggi tingkatannya daripada jumlah hasil karya tiap-tiap bagiannya.

Efektivitas dalam kegiatan organisasi dapat dirumuskan sebagai tingkat perwujudan sasaran yang menunjukkan sejauh mana sasaran telah dicapai. Sumaryadi (2005:105) berpendapat dalam bukunya ”Efektivitas Implementasi Kebijakan Otonomi Daerah” bahwa: Organisasi dapat dikatakan efektif bila organisasi tersebut dapat sepenuhnya mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Efektivitas umumnya dipandang sebagai tingkat pencapaian tujuan operatif dan operasional. Dengan demikian pada dasarnya efektivitas adalah tingkat pencapaian tujuan atau sasaran organisasional sesuai yang ditetapkan. Efektivitas adalah seberapa baik pekerjaan yang dilakukan, sejauh mana seseorang menghasilkan keluaran sesuai dengan yang diharapkan. Ini dapat diartikan, apabila sesuatu pekerjaan dapat dilakukan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan, dapat dikatakan efektif tanpa memperhatikan waktu, tenaga dan yang lain.

Sementara itu, Sharma dalam Tangkilisan (2005:64) memberikan kriteria atau ukuran efektivitas organisasi yang menyangkut faktor internal organisasi dan faktor eksternal organisasi antara lain:
1.Produktivitas organisasi atau output;
2.Efektivitas organisasi dalam bentuk keberhasilannya menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan di dalam dan di luar organisasi;
3.Tidak adanya ketegangan di dalam organisasi atau hambatan-hambatan konflik diantara bagian-bagian organisasi.

sedangkan Steers dalam Tangkilisan (2005:64) mengemukakan lima kriteria dalam pengukuran efektivitas organisasi yaitu:
1.Produktivitas;
2.Kemampuan adaptasi atau fleksibilitas;
3.Kepuasan kerja;
4.Kemampuan berlaba;
5.Pencarian sumber daya.

Gibson dalam Tangkilisan (2005:65) mengatakan hal yang berbeda bahwa efektivitas organisasi dapat pula diukur melalui :
1.Kejelasan tujuan yang hendak dicapai
2.Kejelasan strategi pencapaian tujuan
3.Proses analisis dan perumusan kebijaksanaan yang mantap
4.Perencanaan yang matang
5.Penyusunan program yang tepat
6.Tersedianya sarana dan prasarana
7.Sistem pengawasan dan pengendalian yang bersifat mendidik

Adapun Emerson dalam Handayaningrat (1996:16) mengatakan bahwa “Efektivitas adalah pengukuran dalam arti tercapainya sasaran atau tujuan yang telah ditentukan”. Jadi apabila tujuan tersebut telah dicapai, baru dapat dikatakan efektif. Masih dalam buku yang sama,
 Hal ini dipertegas kembali dengan pendapat Hasibuan dalam Handayaningrat (1996:16) bahwa “efektivitas adalah tercapainya suatu sasaran eksplisit dan implisit”. Hal senada juga dikemukakan oleh Miller dalam Handayaningrat (1996:16) “Effectiveness be define as the degree to which a social system achieve its goals. Effectiveness must be distinguished from efficiency. Efficiency is mainly concerned with goal attainments”, yang artinya efektivitas dimaksudkan sebagai tingkat seberapa jauh suatu sistem-sistem sosial mencapai tujuannya.

Selain pencapaian tujuan, Winardi (1992:84) menjelaskan “Efektivitas adalah hasil yang dicapai seorang pekerja dibandingkan dengan hasil produksi lain dalam jangka waktu tertentu”. Apabila peneliti analisa kutipan ini, maka efektivitas adalah hasil yang diperoleh seorang pekerja dan dibandingkan dengan waktu yang dipergunakan untuk menghasilkan barang/jasa tersebut.
Efektivitas berkaitan dengan pencapaian unjuk kerja yang maksimal dalam arti pencapaian target yang berkaitan dengan kualitas, kuantitas dan waktu. Jadi efektivitas ini lebih berorientasi kepada keluaran.

Sedangkan masalah penggunaan masukan kurang menjadi perhatian utama
Hall dalam Tangkilisan (2005:67) mengartikan bahwa dengan tingkat sejauh mana suatu organisasi merealisasikan tujuannya, semua konsep tersebut hanya menunjukkan pada pencapaian tujuan organisasi. Sedangkan bagaimana cara mencapainya tidak dibahas. Yang membahas bagaimana mencapai tingkat efektivitas adalah Argris dalam Tangkilisan (2005:68) yang mengatakan”Organizational effectiveness then is balanced organization optimal emphasis upon achieving object solving competence and human energy utilization” atau dengan kata lain efektivitas organisasi adalah keseimbangan atau pendekatan secara optimal pada pencapaian tujuan, kemampuan dan pemanfaatan tenaga manusia.

Amirullah dan Ribdyah Hanafi (2002) efektivitas menunjukkan kemampuan suatu perusahaan dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan secara tepat. Pencapaian sasaran yang telah ditetapkan dan ukuran maupun standar yang berlaku mencerminkan suatu perusahaan tersebut telah memperhatikan efektivitas operasionalnya.

Menurut Gibson, Donnely dan Ivancevich konsep efektivitas terdiri dari dua pendekatan yaitu pendekatan Tujuan dan pendekatan sistem (1997:27-29). Dua pendekatan tersebut antara lain :
Pendekatan tujuan untuk menentukan dan mengevaluasi efektivitas didasarkan pada gagasan bahwa organisasi diciptakan sebagai alat untuk mencapai tujuan. Sedangkan dalam teori sistem, organisasi dipandang sebagai suatu unsur dari sejumlah unsur yang saling berhubungan dan saling tergantung satu sama lain. Arus masukan (input) dan keluaran (output) merupakan titik tolak dalam uraian organisasi. Dengan kata lain yang lebih sederhana, organisasi mengambil sumber (input) dari sistem yang lebih luas (lingkungan), memproses sumber ini dan mengembalikannya dalam bentuk yang sudah dirubah (output).

Gibson, Donnely dan Ivancevich memberikan batasan dalam kriteria efektivitas organisasi melalui pendekatan teori sistem (1997:31-32) antara lain :

1.Produksi
Produksi merupakan Kemampuan organisasi untuk memproduksi jumlah dan mutu output yang sesuai dengan permintaan lingkungan.

2.Efisiensi
Konsep efisiensi didefenisikan sebagai angka perbandingan (rasio) antara output dan input. Ukuran efisiensi harus dinyatakan dalam perbandingan antara keuntungan dan biaya atau dengan waktu atau dengan output.

3.Kepuasan
Kepuasan menunjukkan sampai sejauh mana organisasi memenuhi kebutuhan para karyawan dan pengguna .

4.Adaptasi
Kemampuan adaptasi adalah sampai seberapa jauh organisasi dapat menanggapi perubahan ekstern dan intern.

5.Perkembangan
Organisasi harus mengivestasi dalam organisasi itu sendiri untuk memperluas kemampuannya untuk hidup terus dalam jangka panjang.

6.Hidup Terus
Organisasi harus dapat hidup terus dalam jangka waktu yang panjang.

Berdasarkan beberapa teori yang dikemukakan oleh para pakar di atas, peneliti menggunakan teori Emerson dalam Handayaningrat (1996:16) bahwa “Efektivitas adalah pengukuran dalam arti tercapainya sasaran atau tujuan yang telah ditentukan”. Jadi apabila tujuan tersebut telah dicapai, baru dapat dikatakan efektif.

304 komentar:

  1. boleh minta daftar pustaka nya dari kakak ? soalnya saya lg skripsi sekarang . mohon bantuan nya . bisa dikirim di email saya di nurniyanti@gmail.com . terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ass.. mba bisa forward ke email saya daftar pustakanya? muhamadnurrifki@gmail.com

      Hapus
    2. boleh berbagi daftar pustakanya?saya lagi nyusun skripsi. mohon bantuannya, kirim ke email saya iinambarwati07@gmail.com
      terimaksih juka mau berbagi

      Hapus
    3. Assalamualaikum kk, bisa minta daftar pustakanya buat keperluan skripsi, mohon dikirim ke email iyadiad@gmail.com
      Terima kasih kk.

      Hapus
    4. Assalamu'alaikum.. Saya juga mau daftar pustaka nya kaka.. Saya lagi nyusun skripsi.. Mohon bantuannya yaa.. Kirim ke email : mala.bjr22@gmail.com
      Terimakasih ka..

      Hapus
    5. kak boleh mintak judul bukunya ngak yg tangkilisan 2005.mkasih kk

      Hapus
  2. boleh minta daftar pustakanya?kirim ke email gua ya sarah.sulaimah@yahoo.co.id

    BalasHapus
  3. Boleh minta daftar pustakanya kk? Soalnya sya lagi nyusun skripsi sekarang ,mjon bantuannya ( ekhiwidiw@yahoo.com )

    BalasHapus
  4. boleh minta daftar pustakanya untuk keperluan skripsi? mohon bantuannya. email arin_nda20@yahoo.com terimakasih

    BalasHapus
  5. boleh minta daftar pustakanya untuk keperluan skripsi? mohon bantuannya kk'. email almufid08@yahoo.com. terimakasih

    BalasHapus
  6. kak boleh minta daftar pustakanya? lagi nyusun skripsi, butuh daftar pustakanya, mohon bantuannya, email : sheLLa_ajah63@yahoo.com terimakasih

    BalasHapus
  7. boleh minta daftar pustakanya untuk keperluan skripsi? mohon bantuannya . email chipzz.spd@gmail.com

    BalasHapus
  8. boleh minta daftar pustakanya ? kirim ke fardhian.dani@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  9. kak, minta daftar pustakanya juga ya.. tolong kirim ke cah_phi@yahoo.com

    BalasHapus
  10. Gan, ane boleh minta dapusnya?
    Tolong ya gan, ane perlu buat susun skripsi.
    Myformalheri@gmail.com
    Terima kasih gan

    BalasHapus
  11. boleh minta daftar pustakanya ? untuk keperluan skripsi.. mohon bantuannya, kirim ke email opilona55@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  12. boleh minta daftar pustakanya?? lagi skripsian bos butuh banget.. thanks..
    ke email : m.ardithya@gmail.com

    BalasHapus
  13. Assalammualaikum bu,boleh monica minta daftar pustakanya? Kalau tidak keberatan mohon utk dikirimkan ke email monica ya bu monica.restama@yahoo.com butuh bgt bu utk skripsi. Terimakasih

    BalasHapus
  14. pagi bu, minta tolong untuk dikirimkan daftar pustakanya di email saya bagussatriawan093@gmail.com sebelumnya terimakasih.

    BalasHapus
  15. Boleh minta dapusnya. Kirim ke musdalifah.ifa.ak@mail.com

    BalasHapus
  16. minta dapus.a donk
    doni.asyk@gmail.com

    BalasHapus
  17. Boleh apusnya dikirim ke feby_liem@ymail.com. soalnya lagi susun skripsi

    BalasHapus
  18. boleh minta dapusnya
    indrisrinanda@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  19. Minta daftar pustakanya pliiis...
    Siska-fitri@live.com

    BalasHapus
  20. boleh minta daftar pustakanya ? saya lagi nyusun skripsi , fitrifujia@gmail.com
    terimaksih :)

    BalasHapus
  21. minta daftar pustaknya donk sista?
    lagi nyusun skipsi ni , Madridistaaditya@gmail.com
    makasi yaa

    BalasHapus
  22. boleh minta daftar pustaka dan mohon dikirim ke email saya evikristianti@gmail.com? untuk skripsi saya , kebetulan buku tentang teori ini sulit sekali didapatkan, terima kasih.

    BalasHapus
  23. boleh minta daftar pustakanya.. saya lgi nyusun skripsi.. mhon bantuannya.. mksh.. email nya.. shanti.ajeng21@gmail.com

    BalasHapus
  24. boleh minta daftar pustakanya,apabila boleh minta tolong dikirim ke email saya ya kak,terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  25. boleh minta daftar pustakanya,apabila boleh minta tolong dikirim ke email saya ya kak,terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  26. boleh minta daftar pustakanya kak, mohon bantuannya untuk ngerjain skripsi, trimakasih. email: anggisyaputra2112@gmail.com

    BalasHapus
  27. Boleh minta daftar pustakanya ka? Email Andrianrb12@gmail.com

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. boleh minta daftar pustakanya ka, untuk keperluan skripsi , mohon di email ke mirasilfiah@gmail.com . terimakasih :)

    BalasHapus
  30. boleh minta dapusnya? kalau boleh, tolong kirim ke email: sandazis@yahoo.com

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. boleh mnta dftr pustaknya?
    tlg di email ke beby705@gmail.com
    makasih kakak...

    BalasHapus
  33. boleh share daftar pustakanya??
    kalo boleh kirim ke ikayulianna@gmail.com

    BalasHapus
  34. boleh minta daftar pustakanya? saya butuh untuk skripsi, tolong kirim ke email: zahrotunnisa68@gmail.com terima kasih

    BalasHapus
  35. boleh minta daftar pustakanya untuk pembuatan skripsi? kl boleh, tolong dikirim ke email sarvasatyanam@yahoo.co.id

    terimakasih sebelumnya ~

    BalasHapus
  36. boleh minta daftar pustakanya ? kirim ke email denik.truth@gmil.com

    BalasHapus
  37. minta daftar pustakanya dong... kirim ke email rizalbahsoan@gmail.com.
    thanks ya

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. boleh minta daftar pustakanya mba.
    tolong kirim ke email saya ya diladalilahs@gmail.com

    BalasHapus
  40. boleh minta daftar pustaka mbak, tolong kirim ke email saya. yuniatikahermy@yahoo.co.id ... terima kasihhh

    BalasHapus
  41. mba yunita..keren bgt nih kumpulan teorinya..aq boleh minta dapusnya mba..kalo blh tlg kirim ke emailku ya mba weenabee12@gmail.com. trimakasih

    BalasHapus
  42. mba boleh mnta daftar pustakanya? klo boleh tlg kirim k email saya liuyuzhen03@gmail.com

    BalasHapus
  43. halo, artikelnya sangat membantu. tapi saya minta tolong untuk dikirimkan referensi atau daftar pustakanya ke email saya di steffy.gianni@gmail.com
    terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
  44. mbak, minta daftar pustakany ya... ini alamt emailnya: lulu.syukriati1993@ymail.com.. makasiii :)

    BalasHapus
  45. mbak, minta daftar pustakany ya... ini alamt emailnya: lulu.syukriati1993@ymail.com.. makasiii :)

    BalasHapus
  46. minta tolong kirim daftar pustakanya mba, untuk keperluan tugas akhir
    one.harta@ymail.com, terimakasih

    BalasHapus
  47. kak, aku boleh minta daftar pustakanya??? mau dong di email di jdesiani@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum..
    mbak boleh minta daftar pustakanya? buat kebutuhan skripsi. klau boleh bisa kirim ke email resky.fitriani@gmail.com
    terima kasih ^_^

    BalasHapus
  49. boleh minta daftar pustakanya? hehehe imehelkareem@gmail.com

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum,
    mohon dapat di share daftar pustakanya untuk keperluan Tugas Akhir Saya,
    apabila berkenan dapat dikirim melalui email : kukuhprasetyoaji20@gmail.com
    terima kasih.
    Wassalamualaikum.

    BalasHapus
  51. sista bisa minta dapusnya gak please boleh dong lagi nyusun skrpsi ini baru dapet 2 bukunya please ya sis

    BalasHapus
  52. sista bisa minta dapusnya gak please boleh dong lagi nyusun skrpsi ini baru dapet 2 bukunya please ya sis

    BalasHapus
  53. tolong ya sis dapus'nya krim aja ke email mayangrimufa@gmail.com

    BalasHapus
  54. maaf sebelumnya, boleh minta daftar pustakanya ? kalo berkenan tolong kirim ke mayriska.utami@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  55. Assalamualikum
    kak boleh minta daftar pustakanya, buat keperluan skripsi
    kalau boleh minta tolong dikirim ke email saya corneliairene94@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  56. asslamualaikum...
    kak boleh mintak daftar pustanya,untuk keperluan skripsi...
    ini email saya : syahputra51@gmail.com
    terima kasih kakak..

    BalasHapus
  57. mbak boleh minta dafar pustakanya? ini emal saya : yohanathania93@gmail.com. terimakasih

    BalasHapus
  58. mba boleh minta daftar pustakanya ? buat data susun skripsi. ke dindaarianti@ymail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  59. Mbak boleh minta dapusnya? Mau dibuat referensi skripsi kak, kirim ke freistyayenny@gmail.com ya kak. Terima kasij

    BalasHapus
  60. kak.. boleh minta daftar pustaka nya utk referensi skripsi. tolong kirim ke ayumaylani@rocketmail.com. terimakasih sebelumnya. Indahnya berbagi :)

    BalasHapus
  61. Mbak boleh minta dapusnya? Mau dibuat referensi skripsi kak, kirim ke freistyayenny@gmail.com ya kak. Terima kasij

    BalasHapus
  62. kalau boleh minta daftar pustakanya mbak buat keperluan thesis saya, bisa kirim ke Nurevafitri@gmail.com

    BalasHapus
  63. kak, boleh minta daftar pustakanya tidak??
    kalau bisa kirim ke email mutaal4@gmail.com
    karena ini sangat membantu dalam pembuatan skripsi saya.
    terima kasih.

    BalasHapus
  64. Mbak minta kirimkan dapusnya yah mbak? Buat susun skripsi.. Trima kasih..

    BalasHapus
  65. Mba boleh minta dapusnya buat keperluan skripsi.
    Elyrianaisnaeni@gmail.com.
    Thanks

    BalasHapus
  66. mba boleh minta dapusnya? untuk keperluan skripsi.
    ke email lisdasiswanti@gmail.com ya
    terima kasih

    BalasHapus
  67. mohon bantuannya untuk informasi judul buku, nama pengarang, tahun terbit, penerbit dan kota terbit mengenai buku teori keefektifan sebagai daftar pustaka skripsi saya. mohon infonya ke tripujirahayu97@gmail.com , terimakasih :)

    BalasHapus
  68. tolong dibantu.., boleh saya minta daftar pustakanya. mohon dikirim ke (adeprasetyo89@gmail.com)terimakasih.

    BalasHapus
  69. mba boleh minta daftar pustakanya. tolong ya, kirim ke bdsvirgo@yahoo.com

    BalasHapus
  70. Kak minta daftar pustakanya bisa? lagi nyusun ni :(
    kalo boleh minta tolong ya
    gedesukadana05@gmail.com

    BalasHapus
  71. Kak minta daftar pustakanya bisa? lagi nyusun ni :(
    kalo boleh minta tolong ya
    gedesukadana05@gmail.com

    BalasHapus
  72. boleh, tp join with my site dulu yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya udah join with my site mbak, bisa minta tolong kirim daftar pustakanya? corneliuskokot@gmail.com

      Hapus
    2. boleh kirimkan daftar pustakanya? tolong dong di share ke emailku martinakurnianingsih67@gmail.com

      Hapus
  73. hallo mbak saya udah join site nya, kalau berkenan boleh minta daftar pustakanya ke riagraeni81@gmail.com , makasih mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru buka blog,silahkan cek email mbak ria..
      semoga bermanfaat. trimakasih sudah join :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Kak aku ud join site'nya, kalo boleh aku minta daftar pustakanya. Tolong email ke galuhekaprilia@gmail.com
      Makasih kak :)

      Hapus
  74. tolong dibantu kirim daftar pustaka ke email saya :ramayadi76@gmail.com
    utk peperluan skripsi.. atas bantuanya Trmkasih

    BalasHapus
  75. tolong dibantu kirim daftar pustaka ke email saya :ramayadi76@gmail.com
    utk peperluan skripsi.. atas bantuanya Trmkasih

    BalasHapus
  76. Boleh minta daftar pustakanya? Artikelnya sangat membantu saya. Kalau boleh bisa kirim ke widiyawite079@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  77. kak..mohon daftar pustakanya
    ke ojaelshufa@ymail.com
    trimksh seblumnya..

    BalasHapus
  78. mohon bantuan nama buku, pengarang dan penerbitnya tentang buku efektifitas program yang ada ditulisan anda untuk dikirim ke alamat email saya junussinurat@gmail.com trimakasih

    BalasHapus
  79. kak aku mau dafpusnya dong aku lagi butuh banget karna lagi pembuatan skripsi, kirim ke emailku ya kak kalo gak keberatan paramitakariza@yahoo.com

    BalasHapus
  80. Saya juga minta informasi mengenai nama buku dan pengarang mengenai teori efektivitas. Info tersebut bisa diemail ke saya di ridho.wicaksono110@gmail.com

    BalasHapus
  81. Selamat Pagii..
    Sy jg boleh Gan.,mnta Daftar Pustakanya, utk pembuatan karya ilmiah.. klo berkenan boleh di email ke :
    kharry.kurniawan@gmail.com
    makasih

    BalasHapus
  82. minta dapusnya yah,, makasih
    Kamil_sempurna@yahoo.co.id

    BalasHapus
  83. untuk keperluan studi kirim dong daftar pustakanya ke email mrwasito@yahoo.com , terimaksih

    BalasHapus
  84. Apa kabar gan ? Bolehkah saya meminta daftar pustaka untuk bahan skripsi saya ? Terimakasih sebelumnya ☺ sent nhafa1120 @gmail.com

    BalasHapus
  85. Apa kabar gan ? Bolehkah saya meminta daftar pustaka untuk bahan skripsi saya ? Terimakasih sebelumnya ☺ sent nhafa1120 @gmail.com

    BalasHapus
  86. tugas anda bagus kalau bisa ada daftar pustaka dan rencana kami mau kutip untuk bahan ajar. tksi

    BalasHapus
  87. hay,,bisa ga minta daftar pustakanya :)
    kirim di email sya aja ya...trma ksih sblmnya
    marcelinoantaria399@gmail.com

    BalasHapus
  88. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  89. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  90. boleh minta daftar pustakanya gak ?
    makasih yahh
    ranihaulyaandri@gmail.com

    BalasHapus
  91. untuk kelancaran tugas, bolehkah saya minta daftar pustakanya ? terimakasih
    vvbandriansyah@gmail.com

    BalasHapus
  92. Mohon maaf, sudah lama tidak buka blog.. maklum lagi sibuk. bagi yang minta dapusnya, silahkan "join with my site" thankz...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak q udh join,,please kak minta dikirim dapusnya ke latahzanbintz2@gmail.com
      thanks :)

      Hapus
  93. mba boleh minta dapus nya untuk penulisan saya ke sary.kusuma@gmail.com sudah join site. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf lama balasnya. cek email mba... semoga bermanfaat. thanks sudah join

      Hapus
    2. boleh berbagi daftar pustakanya ga mba?buat nyusun skripsi, kirim ke email saya iinambarwati07@gmail.com, terimakasi jika sudah membantu

      Hapus
  94. Mohon bantuanya sahabat, sama sperti rekan2 yg lain, saya lagi skripsi. .
    Mohon minta daftar pustakanya sahabat. Terimakasih.
    Achikmuhram@gmail.com

    BalasHapus
  95. Mohon bantuanya sahabat, sama sperti rekan2 yg lain, saya lagi skripsi. .
    Mohon minta daftar pustakanya sahabat. Terimakasih.
    Achikmuhram@gmail.com

    BalasHapus
  96. minta daftar pustakanya dong, tolong kirim ke email aku yah...
    topsukses76@gmail.com

    BalasHapus
  97. asslam bisa minta dapusnya kirim email @anggi.ghitaris@gmail.com


    BalasHapus
  98. ass' kak bisa minta dappusnya, butuh buat skripsi

    BalasHapus
  99. olaseva43@gmail.com
    terimakasi sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah join. cek email mba.. thankz

      Hapus
    2. Mbak boleh minta juga gak, buat tugas akhir nih? Kalau boleh kirim email : scpermatasari@gmail.com
      Terima kasih banyak, Gbu

      Hapus
  100. Boleh minta daftar pustakanya terkait teori tentang efektivitas? Mohon bantuannya ya kak utk keperluan skripsi saya. Kirim ke sarah.putriandriani@yahoo.co.id
    Terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  101. Mbak boleh minta Dapusnya...terima kasih kirim ke email: nana.suryana4781@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah join. cek email mbak :)

      Hapus
    2. Ka minta darpus nya bisa gak ? Kirim ke email ni Nanahikmah734@gmail.com
      Smaa ke email ni : nana_artania@yahoo.co.id
      maksih

      Hapus
  102. minta daftar pustakanya dong kak email : nniisa73@gmail.com

    BalasHapus
  103. Mb boleh minta daftar pustakanya?
    email nofitasarir@gmail.com

    BalasHapus
  104. Mb boleh minta daftar pustakanya?
    email nofitasarir@gmail.com

    BalasHapus
  105. boleh di kirim min daftar pustakanya. ke gein24@gmail.com
    terima kasih :)

    BalasHapus
  106. boleh minta dapusnya ke desytri7@gmail.com

    BalasHapus
  107. minta daftar pustakanya dong...kirim ke email: agyusaripratiwi@gmail.com

    BalasHapus
  108. selamat malam. bisa minta daftar pustaka nya min. mohon kirimkan ke email rismawati.mr@yahoo.com

    BalasHapus
  109. mohon izin boleh minta daftar pustakanya min, mohon kirim ke email puputlestia@gmail.com

    BalasHapus
  110. boleh minta daftar pustakanya ya gak kakak albertbalsomang23@gmail.com

    BalasHapus
  111. Boleh minta daftar pusakanya ka? Tolong kirim ke email ini : nana_artania@yahoo.co.id

    BalasHapus
  112. kak minta daftar pustakanya dong? lg nyusun skripsi ini email rismaocta@gmail.com makasih kak

    BalasHapus
  113. Assalamualaikum
    saya rifda sekarang lagi nyusun skripsi, boleh minta daftar pustaka nya kak?
    rifda_prameswari@yahoo.com
    Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  114. Ass..
    mohon izin minta dikirim daftar pustakanya sebab sedang menyusun skripsi ke nonoafriyanto@gmail.com
    terimaksih sebelumnya

    BalasHapus
  115. assalamualaikum, ka mohon minta daftar pustakannya, karna sedang nyusun juga (puspapratiwi7@gmail.com

    BalasHapus
  116. Assalamualaikum kaka..blog nya keren..boleh minta daftar pusaka nya ? Ka mohon bantuan ya lagi nyusun skripsi..
    derigaze94@gmail.com
    Sebelumnya terimakasih kaka

    BalasHapus
  117. Assalamualaikum kaka..blog nya keren..boleh minta daftar pusaka nya ? Ka mohon bantuan ya lagi nyusun skripsi..
    derigaze94@gmail.com
    Sebelumnya terimakasih kaka

    BalasHapus
  118. boleh minta daftar pustakanya kak? untuk kepentingan skripsi..terima kasih
    tolong dikirim ke sini y kak yulinarahayulp@gmail.com

    BalasHapus
  119. Artikelnya keren... Saya juga minta Dapus..please
    callmejans@gmail.com
    ditunggu yah...

    BalasHapus
  120. permisi kak, boleh minta daftar pustakanya?
    kalo boleh, tolong kirim ke ikafitriyana908@gmail.com
    makasihhh :D

    BalasHapus
  121. kak tolong kirimin daftar pustakanya ke email ku ya nathanialivani@yahoo.co.id :) buat susun skripsi nih, thankyou

    BalasHapus
  122. boleh minta dapusnya kak ke email misimeyy@ymail.com.
    terima kasih sblmnya.

    BalasHapus
  123. Boleh minta daftar pustakanya kak?
    Bisa dikirim ke Riasky_WD@yahoo.co.id
    Terima kasih :)

    BalasHapus
  124. tolong kirimkan informasi dapus ya, ke email saya. thanks.
    juny.eko55@gmail.com. di tunggu.

    BalasHapus
  125. minta tolong informasi daftar pustakanya ya mas, email.gnwnyusuf06@gmail.com

    BalasHapus
  126. boleh minta daftar pustakanya gak gan ?
    jadisatu0000@gmail.com

    BalasHapus
  127. boleh minta daftar pustakanya ?? kalo boleh hubungi saya di larastri_utari@yahoo.com
    terimakasih

    BalasHapus
  128. boleh minta daftar pustakanya ? tolong info nya ke kanov.en94@gmail.com
    mohon bantuannya
    terima kasih ya mba

    BalasHapus
  129. assalamualaikum, ka mohon minta daftar pustakannya,artikel ini keren sekali, kalo boleh,kirim ke email saya ya ka (denz2492@gmail.com)

    BalasHapus
  130. kak bisa bisa minta daftar pustakanya kak,untuk keperluan skripsi saya,kalau boleh kirim ke email saya ya kak (lopigamilala1@gmail.com

    BalasHapus
  131. boleh minta Daftar pustaka untuk keperluan skripsi? kalau boleh tolong email ke email saya wibiadwiputra@gmail.com

    BalasHapus
  132. terimakasih ini informasinya sangat bernanfaat, mohon bantuan nama buku, pengarang dan penerbitnya tentang buku efektifitas program yang ada ditulisan anda untuk dikirim ke alamat email saya prasetyoragil22@gmail.com saya sudah join mbk, terimakasih

    BalasHapus
  133. Assallamualaikum kak, artikelnya bagus kas, boleh minta daftar pustakanya email ke dina.rachmana@gmail.com yaa suwun

    BalasHapus
  134. artikel nya bermanfaat banget kak, bleh mnta daftar pustakanya untuk kirim ke email rfirmansyah005@gmail.com saya lagi menyusun skripsi tentang efektivitas program tolong bimbingan nya. makasih

    BalasHapus
  135. Boleh minta daftar pustakanya kah soalnya lagi menyusun skripsi di email faisahicha09@gmail.com.. Terima kasih

    BalasHapus
  136. Boleh minta daftar pustakanya kah soalnya lagi menyusun skripsi di email faisahicha09@gmail.com.. Terima kasih

    BalasHapus
  137. boleh minta daftar pustakanya? kalo boleh kirim ke email marliyantiliya@yahoo.co.id
    Terimakasih.

    BalasHapus
  138. boleh minta daftar pustakanya? untuk tugas. kirim ke mohfersyah07@gmail.com makasih

    BalasHapus
  139. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  140. boleh minta daftar pustakanya? Lg susun tesis kirim ke purnama. alam11@gmail.com makasih

    BalasHapus
  141. Boleh daftar pustaka nya kh? Utk penyusunan skripsi,kirim ke 07seti4w4n@gmail.com terima kasih

    BalasHapus
  142. Assalamulaikum mohon bantuannya, saya minta daftar pustaka untuk, jika berkenan untuk di kirim ke email saya doelahuyeah@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  143. boleh minta daftar pustakanya ? untuk tugas tesis saya ke husin2903@gmail.com, terima kasih banyak.

    BalasHapus
  144. boleh minta daftar pustakanya? untuk skripsi saya kirim emailnya ke blackshadow.ganteng@gmail.com

    BalasHapus
  145. Boleh minta daftar pustakanya kak? Terima kasih amaliahfz@gmail.com

    BalasHapus
  146. bisa minta daftar pustakanya kah min ke alamat email sarmila.kadir@gmail.com

    BalasHapus
  147. Maaf min. Saya minta bantuannya. Saya minta daftar pustakanya min.
    Ini alamat email saya
    Revisda_dwifebriani@yahoo.com
    Terima kasih sebelumnya min.

    BalasHapus
  148. Mohon bantuannya untuk Nama Buku & Pengarang tentang teori efektivitas seperti yg anda tulis di atas, ke daniramdani03071980@gmail.com. Sebelumnya terimakasih banyak :-)

    BalasHapus
  149. Assalamualaikum mba,
    mohom bantuannya mba boleh minta daftar pustakanya untuk keperluan skripsi, jika berkenan untuk dikirim ke alamat email saya ajngloka@gmail.com terimakasi banyak

    BalasHapus
  150. maaf mbak boleh minta daftar pustakanya?
    untuk keperluan skripsi saya, kalau boleh tolong kirim ke email: suryaindraayu@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. btw saya sudah join site juga
      terimakasih :)

      Hapus
  151. assalammualaikum,, sy mw tanya mbak,, di teori2 efektivitasnya ada kriteria efektifnya gk mbak??
    klo ada saya boleh minta mbak??

    BalasHapus
  152. Assalamualaikum. Ka boleh minta daftar pustakanya ga? untuk kebutuhan skripsi saya, kalau boleh tolong kirim ke email : michaelvictorio28@gmail.com. Makasih

    BalasHapus
  153. daftar pustakanya donk mas,tolong ini mah kirim ke Habibkpid2014@gmail.com

    BalasHapus
  154. thnks materinya. sy izin minta yaa. bdw boleh minta daftar pustakanya gk min?
    kirim kesini yaa marangga21@gmail.com

    BalasHapus
  155. terima kasih materinya, boleh minta daftar pustaknya ? tolong kirimkan ke eamil saya Arfanpradana13@gmail.com

    BalasHapus
  156. Halo kak, boleh minta daftar pustakanya utk skripsi? Kirim ke waky2728@gmail.com
    Nuhun ya kak

    BalasHapus
  157. Sangat membantu artikelnya Minta daftar pustakanya. Mohon dikirimkan ke irsalsyakir@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  158. Boleh minta daftar pustakanya? Karena sedang menyusun skripsi. (azizahramadhani98@gmail.com)

    BalasHapus
  159. permisi kak boleh minta daftar pustakanya? Buat menyusun skripsi juga. Terima Kasih :)
    ardyapo@gmail.com

    BalasHapus
  160. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  161. Assalamu Alaikum wr wb...
    kak boleh minta daftar pustakanya? mohon dikirimkan ke waodekastimapgsd015@gmail.com

    BalasHapus
  162. Assalamualaikum kak, boleh minta daftar pustakanya? Ini email saya yuyunyuliani838@gmail.com

    BalasHapus
  163. Assalamualaikum kak, boleh minta daftar pustakanya? Ini email saya yuyunyuliani838@gmail.com

    BalasHapus
  164. Assalamualaikum kak,terima kasih atas materinya sangat membantu..
    kak saya minta tolong bisas dikirimkan daftar pustakanya? Minta tolong kak, untuk skripsi saya mbak, saya sudah "join with my site" minta tolong kak, daftar pustakanya dikirimkan ke email saya intansilambi@gmail.com

    BalasHapus
  165. Assalamualaikum kak,terima kasih atas materinya sangat membantu..
    kak saya minta tolong bisas dikirimkan daftar pustakanya? Minta tolong kak, untuk skripsi saya mbak, saya sudah "join with my site" minta tolong kak, daftar pustakanya dikirimkan ke email saya intansilambi@gmail.com

    BalasHapus
  166. Assalamualaikum kak,terima kasih atas materinya sangat membantu..
    kak saya minta tolong bisas dikirimkan daftar pustakanya? Minta tolong kak, untuk skripsi saya mbak, saya sudah "join with my site" minta tolong kak, daftar pustakanya dikirimkan ke email saya intansilambi@gmail.com

    BalasHapus
  167. Assalamu'alaikum kak, terima kasih atas materinya sangat membantu.. bolehkah saya minta daftar pustakanya kak, saya sedang skripsi kak kebetulan pembahasan skripsi saya berhubungan dengan materi yang kakak tulis, tolong yah kak kalau bisa saya minta tolong buat dikirimkan daftar pustakanya lewat email saya kak, m.setyadi75@gmail.com

    BalasHapus
  168. terimakasih kak,kak boleh saya minta dafpus nya? skripsi saya berkaitan dgn ini , dwiannisa32@yahoo.co.id, terimakasih banyak kak 😊

    BalasHapus
  169. Halo mbak, saya sudah join with my site.mohon bantuannya informasi daftar pustakanya di email ke andrie.animate@gmail.com. terima kasih...

    BalasHapus
  170. Maaf kak, boleh minta daftar pustakanya? minta bantuannya ya kak, dikirim ke email nafiss466@gmail.com. Terimakasih...

    BalasHapus
  171. Boleh minta daftar pustaka buku nya ka tolong dikirim ke email haryprayogo29@gmail.com . Terimakasih

    BalasHapus