"Don't be afraid of change... you may lose something good, but you may gain something even better (ง •̀_•́)ง "

Kamis, 03 Mei 2012

Review Buku Karangan Dwiyanto Indiahono

Buku Ke-empat

Author: dwiyanto indiahono  |  Category: Review Buku
 image044[2]
Judul Buku: Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy Analysis
Penulis: Dwiyanto Indiahono
Penerbit: Gava Media – Yogyakarta
Lebar Buku: 16 x 23 Cm
Tebal Buku: xvi + 254 halaman
ISBN: 978-979-1078-91-7
Tahun Terbit: 2009
Review Singkat
Kebijakan publik harus dikembangkan dengan mengedepankan perubahan di sektor publik, sehingga pergerakan reformasi di sektor publik dapat bergerak lebih cepat dari yang diusahakan oleh kebijakan publik sebelumnya. Kebijakan publik dengan demikian harus menghindari pola pikir ortodoks untuk menyelesaikan masalah publik yang kian kompleks dan rumit. Analisis kebijakan dinamis ini mendudukkan analisis kebijakan sebagai ranah rasional dan idealis dengan mementingkan usaha lebih keras kepada pengembangan dan penilaian alternatif kebijakan yang lebih kreatif, lebih maju, lebih berorientasi kepada masa depan dengan mengikutsertakan publik dalam setiap tahap analisis kebijakan. Pengikutsertaan publik dalam ranah analisis kebijakan diyakini sebagai bagian untuk menetapkan bahwa analisis kebijakan bukanlah semata-mata proses rasional belaka, tetapi juga harus memenuhi aspirasi rakyat. Inilah substansi dari kebijakan publik berbasis analisis kebijakan publik dinamis. Pelibatan publik dari sejak awal proses analisis dan pendampingan analis kebijakan dengan metode-metode yang sistematis diyakini dapat melahirkan kebijakan publik yang lebih rasional dan memiliki tingkat penerimaan tinggi dalam proses politik pengambilan kebijakan.
Buku dapat dibeli di Perpustakaan Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fisip Unsoed (dg Mas Udin) atau dapat dibeli di Jaringan Toko Buku Gramedia, Gunung Agung, Toga Mas, dan Toko-toko besar lainnya di Seluruh Indonesia. Atau silahkan buka: http://gavamedia.net/?211,kebijakan-publik-berbasis-dynamic-policy-analysis- untuk pemesanan online.
Kata kunci: kebijakan, kebijakan publik, analisis kebijakan, analisis kebijakan publik, formulasi kebijakan, formulasi, implementasi, implementasi kebijakan, implementasi kebijakan publik, evaluasi, evaluasi kebijakan publik, monitoring, monitoring kebijakan, monitoring kebijakan publik, naskah akademik, merumuskan kebijakan, tahap-tahap kebijakan publik, model kebijakan, model kebijakan publik, model implementasi, model implementasi kebijakan publik, birokrasi, manajemen, manajemen pelayanan publik, organisasi publik, pemerintah, birokrasi Indonesia, reformasi, reformasi pelayanan publik, reformasi birokrasi, korupsi, suap, aparat pemerintah, birokrat.
Key words: policy, public policy, policy analysis, public policy analysis, policy formulation, formulation, implementation, policy implementation, public policy implementation, evaluation, public policy evaluation, monitoring, policy monitoring, monitoring of public policy, academic texts, formulate policies, stages of public policy, policy models, models of public policy, implementation model, implementation model of public policy, bureaucracy, management, public service, public organizations, government, the Indonesian bureaucracy, reform, reform of public services,  bureaucracy reform, corruption, bribery, government officials, bureaucrats.

Buku Ke-tiga

Author: dwiyanto indiahono  |  Category: Review Buku
image038[2]
Judul Buku: Perbandingan Administrasi Publik: Model, Konsep dan Aplikasi
Penulis: Dwiyanto Indiahono
Penerbit: Gava Media – Yogyakarta
Lebar Buku: 14×21 Cm
Tebal Buku: xii + 234 halaman
ISBN: 978-979-1078-81-8
Tahun Terbit: 2009
Review Singkat
Buku ini mencoba mendudukkan kajian perbandingan administrasi publik pada aras yang tepat dan strategis, yaitu memposisikan perbandingan administrasi publik sebagai alat untuk mendapatkan ide-ide segar reformasi administrasi publik di Indonesia. Ide-ide segar reformasi administrasi publik tersebut dapat ditemukan dari hasil membandingkan fenomena administrasi publik yang gagal dan berhasil, baik dalam konteks negara, daerah maupun sektor publik.
Sehingga, dengan posisi kajian perbandingan administrasi publik seperti ini, maka kajian perbandingan administrasi publik menjadi kajian yang menarik bagi para peneliti, akademisi, mahasiswa dan praktisi. Buku ini menyampaikan model-model dan konsep-konsep kebijakan publik, reformasi pelayanan publik dan kerjasama antar kabupaten dalam pengelolaan e-gov, yang dapat diterapkan sebagai dasar untuk membandingkan fenomena aministrasi publik.
Buku dapat dibeli di Perpustakaan Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fisip Unsoed (dg Mas Udin) atau dapat dibeli di Jaringan Toko Buku Gramedia, Gunung Agung, Toga Mas, dan Toko-toko besar lainnya di Seluruh Indonesia. Atau silahkan buka: http://gavamedia.net/?189,perbandingan-administrasi-publik – untuk pemesanan online.
Kata Kunci: perbandingan, perbandingan administrasi negara, kebijakan, kebijakan publik, birokrasi, manajemen, manajemen pelayanan publik, organisasi publik, pemerintah, birokrasi Indonesia, reformasi, reformasi pelayanan publik, reformasi birokrasi, korupsi, suap, aparat pemerintah, birokrat.
Key words: comparison, comparative public administration, policy, public policy, bureaucracy, management, public service, public organizations, government, the Indonesian bureaucracy, reform, reform of public services, bureaucracy reform, corruption, bribes, government officials, bureaucrats.

Buku Ke-dua

Author: dwiyanto indiahono  |  Category: Review Buku
image036
PUBLIC DISOBEDIENCE: Telaah Penolakan Publik Terhadap Kebijakan Pemerintah
Penulis: Dwiyanto Indiahono
Penerbit: Gava Media – Yogyakarta
Lebar Buku: 14×21 Cm
Tebal Buku: xii + 198 halaman
ISBN: 978-979-1078-54-2
Tahun Terbit: 2009
Review Singkat
Keberpihakan Negara menjadi amat penting manakala publik sebagai pemilik sah kekuasaan memberikan kewenangan untuk “diatur supaya sejahtera”oleh Negara, dan Negara memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakannya. Biarlah menjadi “kenangan” bahwa publik pernah “sakit hati” dengan kebijakan publik yang tidak pro kepada mereka. Sekarang sudah saatnya pemerintah memberikan kepedulian kepada publik. Publik adalah pemilik negeri ini, berikan hak mereka: keadilan dan kepastian bahwa mereka akan disejahterakan.
Buku dapat dibeli di Perpustakaan Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fisip Unsoed (dg Mas Udin) atau dapat dibeli di Jaringan Toko Buku Gramedia, Gunung Agung, Toga Mas, dan Toko-toko besar lainnya di Seluruh Indonesia. Atau silahkan buka: http://gavamedia.net/?155,public-disobedience – untuk pemesanan online.
Kata Kunci: pembangkangan, pembangkangan publik, demonstrasi, kebijakan, kebijakan publik, birokrasi, manajemen, manajemen pelayanan publik, organisasi publik, pemerintah, birokrasi Indonesia, reformasi, reformasi pelayanan publik, reformasi birokrasi, korupsi, suap, aparat pemerintah, birokrat.
Key words: disobedience, public disobedience, demonstration, policy, public policy, bureaucracy, management, public service, public organizations, government, the Indonesian bureaucracy, reform, reform of public services, bureaucracy reform, corruption, bribes, government officials, bureaucrats.

Buku Pertama

Author: dwiyanto indiahono  |  Category: Review Buku
buku 1
Judul Buku: Reformasi “Birokrasi Amplop”: Mungkinkah?
Penulis: Dwiyanto Indiahono
Penerbit: Gava Media – Yogyakarta

Lebar Buku: 14×21 Cm
Tebal Buku: xii+ 178 halaman
ISBN: 979-3469-92-7
Tahun Terbit: 2006
Review Singkat
Kajian Administrasi Publik berkembang lebih cepat paska diterapkannya otonomi daerah. Tuntutan reformasi birokrasi menjadi hal yang niscaya dimasa-masa setelahnya. Namun terkadang impian perubahan tidaklah semudah mimpi yang sering diputar di meja-meja kajian. Sistem dan banyaknya “oknum” administrator turut menjadi kendala pelik dalam reformasi birokrasi. Sistem dan oknum yang lebih pro kepada market/pasar cenderung mengenyampingkan kepentingan publik. Tak heran, banyak air mata rakyat jelata yang harus tumpah karena “ketidakpedulian” elit, mereka menjerit dan “nerimo” dengan segala keadaannya.
Semua karena memang publik tak berdaya. Sampai disinilah diperlukan komitmen elit untuk lebih berpihak kepada “wong cilik”, kepada rakyat jelata. Komitmen inilah yang melahirkan “rasa mau mendengar” dari “kemauan publik”. Suara publik dihadapan elit dan decision makers bagaikan emas, intan, bahkan lebih dari itu, ia melantun seperti lantunan indah syair Sang Shakespeare.
Pertanggungjawaban juga bukan hal yang main-main dalam reformasi birokrasi. Aparat pemerintah dengan segala kewenangannya harus mampu dan mau secara transparan mempertanggungjawabkan apa yang akan dan telah dilakukannya. Setiap aktifitas pemerintah harus dapat diukur kaberhasilannya, pemerintah harus mempublish indikator dari aktifitasnya sehingga publik dapat mengetahui bahwa pemerintah benar-benar “bersih” dan “ikhlas” melakukan aktifitas untuk menyejahterakan publik.
Sekelumit hal di atas dapat Anda temukan dalam buku ini, perspektif dalam buku ini diharapkan dapat memperkaya “bacaan kritis” untuk mencermati fenomena administrasi publik di Indonesia. Diskusi tentang reformasi birokrasi yang lebih “hangat” diharapkan dapat hadir setelah Anda membaca buku ini.
Buku dapat dibeli di Perpustakaan Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fisip Unsoed (dg Mas Udin) atau dapat dibeli di Jaringan Toko Buku Gramedia, Gunung Agung, Toga Mas, dan Toko-toko besar lainnya di Seluruh Indonesia. Atau silahkan buka: http://gavamedia.net/?153,reformasi-“birokrasi-amplop”mungkinkah- untuk pemesanan online.
Kata Kunci: kebijakan, kebijakan publik, birokrasi, manajemen, manajemen pelayanan publik, organisasi publik, pemerintah, birokrasi Indonesia, reformasi, reformasi pelayanan publik, reformasi birokrasi, korupsi, suap, aparat pemerintah, birokrat.
Key words: policy, public policy, bureaucracy, management, public service, public organizations, government, the Indonesian bureaucracy, reform, reform of public services, bureaucracy reform, corruption, bribes, government officials, bureaucrats.

(http://indiahono.blog.unsoed.ac.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar